Friday, June 21, 2019

Bagaimana memilih kayu berkwalitas baik.

Bagaimana mencari kayu yang berkwalitas? untuk menjawab pertanyaan tersebut kami akan memberikan tips untuk mencari kayu terbaik sesuai pengetahuan yang kami ketahui antar lain:


  1. Carilah toko kayu yg menjual stok kayu atau pilihan kayu yang terbanyak.
  2. Dalam memilih kayu biasanya ada jasa/tukang pilih, usahakan pilih satu-satu dan dilihat empat sisinya jangan asal diserahkan pada tukang pilih.
  3. Usahakan cari kayu yang tidak pecah pada ujungnya atau cacat (pecah, mata kayu, kropos).
  4. Dicari kayu yang lurus dan lempeng (jika ada) karena kayu semuanya pasti bengkok, disini harus ada keahlian untuk mencari sesuai dengan kebutuhan (kusen atau pintu).
  5. Carilah ketebalan kayu yang rata pada semua sisinya.
  6. Kayu oven biasanya tidak sesuai dengan ukuran tebal dan lebarnya, biasanya berkurang dalam ukurannya, Nah untuk mencari yg terbaik usahakan ketebalan kayu yang diutamakan.
  7. Pemilihan kayu untuk kusen dan pintu berbeda, untuk kusen harus diusahakan empat sisi bagus namun mencarinya susah bila tidak ada yg diutamakan yang bagus permukan lebarnya bisa tiga muka, buat pintu sama permukaan/lebar dari kayu harus yg bagus karena nanti permukaan itu yang tampak.
  8. Dan tidak kalah penting harganya lebih murah, cari toko kayu yg menjual harga lebih murah dari yang lain.
Itulah tips memilih kayu yang terbaik agar dapat maksimal dalam mendapatkan kayu yang terbaik, tips tersebut bisa digunakan pada semua jenis kayu kecuali kayu jati. Untuk memilih kayu jati nanti  kami  tulis pada postingan yang lain. 



No comments: