Sunday, September 22, 2019

Model Pintu Minimalis dan macamnya


Apa sih pintu model minimalis itu? model pintu minimalis yaitu model yang sangat sederhana dan tanpa profil disudut frem pintu atau panel pintunya. Apa sih yang namanya profil itu...? profil adalah pembentukan model pada sudut-sudut untuk mempercantik atau memperindah, nah apabila dalam pembentukan sudut-sudut dibiarkan saja tanpa dibentuk berkesan sederhana suatu sudut-sudut dibiarkan apa adanya dan cendering polos itu yang dinamakan minimalis, tepatnya pintu minimalis. Untuk mempercantik dan memberikan kesan minimalis dibuatlah garis-garis dalam bentuk nat, nat ini yang berkesan berbeda bila di goreskan pada papan panel/tengah pintu bisa di nat vertikal atau horisontal. Dengan nat-nat ini model pintu minimalis dapat berkembang menjadi tren tersendiri dalam model pintu minimalis, bisa nat-nat di ganti dengan lis alumanium atau stenlis, bisa nat-nat itu diganti dengan lis kayu berbentuk persegi dan bisa juga nat-nat itu dalam finishing diberi warna berbeda dengan warna dasarnya.


Dengan banyak modifikasi dan kreasi nat untuk pintu minimalis bermunculan model-model pintu minimalis baru, dan membikin model pintu minimalis menjadi kaya model. Apakah anda mau berkreasi dengan model pintu minimalis..? boleh silahkan berkreasi dengan model nat-nat untuk membentuk kesan minimalis dan tuangkan ide-idenya di sini.
Pada era sekarang bentuk pintu pada rumah cenderung bermodel minimalis, banyak desain rumah dengan gaya minimalis yang simpel dan tak banyak ornamen. Begitu juga dengan kusen dan pintunya disesuaikan dengan gaya model minimalis, artinya kusen dibentuk kotak tanpa profil pada sisi sudutnya begitu juga dengan daun pintu. Apa perbedaan model minimalis dan modern atau pun klasik pada kusen dan pintu? Jawabnya sebagai berikut:
Model Minimalis untuk kusennya tidak menggunakan profil pada sisi sudutnya dan dibentuk sesederhanya mungkin tanpa bentuk yang bermacam-macam. Kusen minimalis tidak menggunkana ventilasi pada bagian atasnya seperti kusen pada model klasik, pada sebagian rumah minimalis untuk menampilkan desainnya pada kusen dipasangkan loster, loster ini berbentuk kotak persegi atau persegi panjang untuk sirkulasi udara.
Untuk Daun pintu model minimalis tidak menggunakan profil untuk mempercantik modelnya pintu minmalis hanya dibentuk dengan garis-garis horisontal atau vertikal. Dengan perkembangan model pintu ini bisa di padukan dengan ornamen lis dari stenlis atau alumanium untuk menambah kesan elegan pada pintu. Pada dekade tahun ini model pintu cenderung tinggi-tinggi semua pintu didesain lebih tinggi dari pintu biasanya dengan ukuran sekitar 220 s/d 240 cm.
Model Klasik.
Model klasik berbeda dengan model minimalis, model ini menggunkan profil pada sudut kusen dan pintunya. Pada kusen model klasik menggunkan ventilasi diatasnya atau yang disebut jalusi, berbagai model jalusi untuk menambah kreasil model klasik ini, dari berbentuk jalusi vertikal, jalusi horisontal, jalusi krapyak, dan berbagai macamnya. Pada daun pintu dan jendela model klasik ini juga sama menggunkan profil pada sudutnya, untuk daun pintu model klasik dikresikan berbagai model pintu yang memperkaya berbagai model seperti katerina, borobudur, dan sebagainya. Untuk model klasik pada pintu biasanya dibentuk berbagai panel atau bagian untuk menjadikan modelnya, bila pada model minimalis untuk membentuk model menggunkan garis/nat pada model klasik menggunakan panel/bagian, ada juga dengan mengkreasikan dengan memberikan panel melengkung untuk membentuknya. Pada sisi samping panel pintu biasanya dibentuk sedemikian rupa atau dibentuk miring pada sisi luarnya dan diprofil.
Model Modern.
Model modern perpaduan dari model klasik dengan berbagai macam bentuk profil, pada kusennya ditambah dengan lis asitrap dengan berbagai macam model untuk menambah kesan modern. Pada daun pintu atau jendela sama menggunakan berbagai macam lis, pada daun jendela menggunakan lis terpisah atau lis timbul. Pada daun pintu model modern cenderung menggunakan lis untuk menambah model dengan berbagai macam lis baik pada sisi framnya atau pada panel pintunya. Untuk jenis panel pada model ini sama dengan model klasik hanya berbeda pada penambahan lis pada sisi –sisinya.

No comments: