Wednesday, December 25, 2013

Kusen pintu kayu

Kusen pintu banyak macam dan jenisnya tapi pada dasarnya kusen pintu itu fungsinya sama untuk gawang/rumah/pengait daun pintu, ada beberapa macam jenis kusen pintu dalam penamaan kusen pintu dilihat dari fungsi dan macamnya. Ada berapa macam sih jenis atau model kusen pintu itu....? mari kita simak tulisan tentang kusen pintu antara lain:



Kusen Pintu Kamar.
Dinamakan kusen pintu kamar karena fungsi dan penempatan kusen tersebut di kamar, apakah kamar tidur, kamar mandi, atau kamar pembantu, biasanya dalam gambar arsitek di berikan kode (P= Pintu) atau (PK=Pintu kamar). Bentuk kusen pintu kamar ada berbagai macam tapi pada intinya sama untuk "sebuah pintu" biasanya kusen pintu kamar hanya satu kusen pintu tanpa di gandeng dengan jendela.  model kusen pintu kamar bisa model kusen berjalusi, kusen pintu kamar gundul, kusen pintu kamar plus loster. Ukuran standar untuk kusen pintu kamar yaitu 80 cm untuk ruangan standar, namun bila ruangan kamarnya luas bisa ukurannya 90 cm atau 1meter.
 Kusen Pintu Utama.
Kusen pintu utama terdapat di ruang tamu atau bagian depan rumah, kusen pintu utama ini dapat mencerminkan karakter sebuah rumah dan desain sebuah rumah. Begitu pentingnya kusen pintu utama sebuah rumah maka desain daun pintunya dibuat yang sebaik-baiknya menurut konsep rumah itu sendiri. Kusen pintu utama dalam aplikasi pemasangan ada yang kusus pintu tersendiri, kusen pintu gandeng dengan kusen jendela, dan kusen pintu terpisah dengan daun jendela. Bila kusen pintu utama kusus pintu tersendiri kebanyakan dipasang pintu dobel, dan ukurannyapun biasanya besar. Kusen pintu utama gandeng dengan jendela kebanyakan dipasang dalam sebuah rumah, penempatan pintunya pun bisa di tengah atau di samping. Kusen pintu terpisah dengan kusen jendela kebanyakan ada pada model minimalis, karena kusen pintu utama dalam pemasangannya fleksibel dan tidak tergantung dengan posisi gandeng dengan jendela. Pada gambar arsitek pintu utama di berikan kode (PU=Pintu utama) dan menjadi prioritas desain dalam penggambaran kusen pintu, bahkan menjadi desain utama untuk model pintu-pintu yang lainnya.
 Kusen Pintu Garasi.
Kusen pintu garasi hanya dikususkan untuk garasi dalam pemasnagan daun pintunya bisa dorong atau sleding dan lipat. Bentuk kusen pintu garasi tidak banyak model biasanya model kusen gundul saja, dan apabila menggunakan loster tidak menjadi hal keharusan. Dalam gambar arsitek penamaan kusen garasi PG (Pintu garasi) 
 Kusen Pintu Samping.
Kenapa dikatakan kusen pintu samping...? karena posisi penempatannya di samping rumah, kusen pintu ini bisa berbentuk engkel/tersendiri atau gandeng dengan kusen jendela. Fungsinya sebagai kusen pintu kedua dari pintu utama, karena fungsinya sebagai pintu kedua namun kebanyakan kusen pintu ini yang sering digunakan. Bisa posisinya sejajar dengan kusen pintu utama atau berada di samping rumah yang menuju akses ke ruang kelaurga, atau berada dibagian garasi rumah. Karena mobilitas pada kusen pintu samping tinggi diusahakan menggunakan daun pintu panel solid supaya kuat dan lebih kokoh, jangan karena pintu samping daun pintunya tidak menjadi prioritas utama. 

No comments: