Sunday, September 22, 2019

Tips Politur pada kayu


Tips finising kayu.

Finishing Politur:

1. Ampelas permukaan kayu dengan ampelas no 100 atau 120 hingga permukaan kayu seluruhnya terkena ampelas.
2. Bersihkan serbuk ampelas sampai bersih yang menempel pada kayu, dengan kuas yang bersih.
3. Dempul permukaan kayu dengan dempul yang rata, usahakan lubang atau sambungan kayu terdempul seluruhnya. Ampelas dempul yang ada pada bekas lubang kayu sampai rata dengan ampelas 120.
4. Setelah lubang ditutup dengan dempul, seluruh permukaan di kuas dengan woodfiler atau dengan cara pake kape.
5. Tunggu woodfiler kering sekitar 60 menit s/d 1 jam, setelah kering ampelas sampai bersih hingga woodfiler habis sampai kelihatan textur kayunya.
6. Bersihkan debu sampai bersih, hingga siap untuk dimulai politer.
7. Siapkan politer pilih warna yang anda sukai, biasanya ada politer yang sudah jadi dengan warna yang beragam. Adpula politer dengan racikan sendiri, pilihn mana yang anda sukai.
8. Kuas permukaan kayu dengan politer secara merata, jangan mengoas dengan zig-zag. Sampai seluruh permukaan kayu benar benar rata (warna, tebal dan tipisnya politer), diamkan beberapa menit kalau ada matahari dijemur sampai kering.
9. Apabila penguasan pertama benar benar sudah kering, langkah selanjutnya polituran itu diampelas dengan no 200 atau 220, ampelas permukaan kayu dengan rata dan jangan sampai ditekan mengampelasnya. Lakuakan sampai rata ampelasannya.
10. Bersihkan debu ampelasan sampai bersih, langkah selanjutnya ambil kain ball atau kain kaos untuk mengoles permukaan kayu, lakukan berulang ulang dengan cara jangan terputus ditengah, nantinya ada warna yang tidak rata atau terlihat perbedaannya.
11. Ampelas lagi setelah kering dengan no 220 pelan-pelan. Atau ampelas ambang sampai rata ampelasannya. Setelah bersih baru diball atau di lap dengan politer lagi, lakukan cara ini berulang-ulang hingga dihasilkan yang di kehendaki.jangan lupa pekerjaan politur tidak bias dengan cuaca mendung. …….Selamat mencoba……

No comments: