Tuesday, March 3, 2020

Pintu Multiplek

Kenapa bisa dinamakan pintu triplek? Karena bahan pembuatannya menggunakan triplek. Triplek dibuat untuk daun pintu sangat sederhana dan biayanyapun murah. Penggunaan daun pintu ini banyak digunakan untuk rumah sederhana dengan model sederhana dan bisa juga dimodifikasi dengan lis atau ornamen di permukaanya. Untuk pemakaian triplek di pintu banyak menggunakan ukuran standar dengan ketebalan 3mm atau 4mm, dalam pengerjaan atau pembuatan pintu triplek ditangan tukang ahli dapat menjadi hal yang menarik.

Ada beberapa macam triplek yang dapat dibuat untuk daun pintu seperti:

1. Partikel Board



Partikel board adalah jenis kayu olahan yang terendah kelasnya. Partikel board sangat rentan air, karena berbahan dasar serbuk kayu kasar yang dipress sehingga memiliki pori-pori yg lebih besar sehingga mudah ditembus air dan tidak kuat menahan beban berat. Partikel Board dapat dijadikan pintu untuk area jauh dari air dan matrial ini jarang digunakan untuk daun pintu. . 





2. Multiplek 



Multiplek  merupakan kayu olahan yang relatif lebih kuat dibanding jenis kayu olahan lainnya.

Bahan dasar plywood adalah kulit kayu yang berlapis-lapis dan dipress. Bahan multiplek inilah yang dapat dijadikan daun pintu yang murah dan kuat, Tekstur lapisan kayunya lebih rapat, sehingga memiliki kekuatan yang lebih baik dan daya tahan terhadap air lebih kuat . multiple berdasarkan kayunya terbagi dalam 2 jenis yaitu :



a. Soft Wood , adalah kayu lapis yang berbahan dasar kayu lunak, biasanya terbuat dari kayu Albasia Falcata atau di daerah Jawa Barat disebut kayu Jingjing sedang di Jawa Tengah disebut kayu Sengon di beberapa daerah disebut dengan kayu Angsana. Karena bobotnya yang ringan plywood jenis ini banyak dipergunakan untuk pembuatan furniture dalam ruangan, kotak packing dan lain lain.

b. Hard Wood , adalah kayu lapis yang berbahan dasar kayu keras, biasanya terbuat dari kayu meranti atau ada juga yang terbuat dari kayu dari pohon buah buahan. Karena bobotnya yang Berat plywood jenis ini banyak juga dipergunakan untuk pembuatan furniture dalam ruangan, bekesting atau papan penahan pengecoran.
Selain  ada juga multiplek yang disebut dengan Triplek Fancy , yang dikenal juga sebagai triplek dekorasi (decorative plywood) , adalah kayu lapis yang memiliki permukaan berasal dari kayu yang memiliki tampilan indah. Permukaan nya bisa berasal dari kayu lokal semisal Jati, Mahoni , Sungkai dan lain lain, atau dari kayu import semisal Red Oak, White Oak, Mapple dan lain sebagai nya. Soal harga, tetu saja lebih mahal dari pada triplek biasa.

Untuk mengetahui harga berbagai Pintu Multiplek klik disini atau hubungi kami di:



No comments: